Selasa, 28 April 2009

TPA Al Ma'muri saat ini

assalamu'alaikum wr.wb

Taman Pendidikan Al Quran (TPA Al Ma'muri) adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang berawal dari masyarakat. karena kesadaran masyarakat(masyarakat Karangsari khususnya), mengenai pentingnya pendidikan Al Quran demi terciptanya kualitas insan yang unggul (kualitas jiwa terutama).

dengan dasar itulah, orang-orang, pemuda-pemuda terpanggil untuk mengelola keinginan masyarakat tersebut melalui kegiatan TPA Al ma'muri.

secara resmi, kegiatan TPA Al Ma'muri dimulai tanggal 8 Februari 1998.
dengan kegiatan utamanya adalah mengaji Iqro dan Al Quran.
seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan pola pikir pengelola, maka dilakukan beberapa inovasi kegiatan-kegiatan dalam rangka menuju kesempurnaan. namun inovasi-inovasi tersebut tetap dalam kerangka utama pembelajaran Iqro dan Al Quran.

beberapa inovasi tersebut antara lain :
1. disusun kurikulum pendidikan (mengacu pada pedoman Badan Koordinasi (Badko) TKA TPA)). namun mulai sekitar tahun 2002, pengelola TPA Al Ma'muri menerapkan kurikulum sendiri,dengan mempertimbangkan sumber daya TPA Al Ma'muri sendiri.
2. dilaksanakannya kegiatan refreshing (refreshing jiwa n raga) secara berkala. seperti :pesantren, out bond, bedah film,dll
3. dilaksanaknnya kegiatan-kegiatan persahabatan dengan unit TPA lain. misal:sepak bola persahabatan,jalan santai, takbir keliling, dll.
4. selalu mengikuti kompetisi / Festifal Anak Soleh Indonesia (FASI) tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. alhamdulillah hingga saat ini telah banyak prestasi / tropi yang TPA Al MA'muri peroleh.
5. saat ini (terhitung mulai April 2008), TPA Al Ma'muri melakukan kerjasama dengan SD N Karangsari. Dalam kerjasama ini, semua siswa SD N (siswa siswi muslim tentunya) Karangsari wajib mengikuti kegiatan di TPA Al Ma'muri. Dan,,,alhamdulillah program ini mendapat sambutan yang positif dari siswa, wali santri/wali siswa, dan masyarakat.
6. dilaksanakannya perbaikan manajemen organisasi TPA Al Ma'muri dan manajemen pembelajaran, supaya tercapai hasil yang memuaskan (untuk mewujudkan generasi Qurani dan berakhlakul karimah).
7. dilaksanakan training tentang pembelajaran kelas, baik yang dilaksanakan oleh intern pengelola, maupun oleh trainer ahli.
Training oleh intern pengelola seperti training baca Iqro dan Al Quran. hal ini dimaksudkan supaya terdapat kesamaan standard baca Iqro dan Al Quran. Training intern Pengelola ini dilaksanakan setiap 2 minggu sekali, dengan materi yang berbeda-beda dan terjadwal.
Training yang dilakukan oleh trainer ahli, misalnya : pada Juli 2008 kemarin dilaksanakan pelatihan metode pembelajaran oleh Kak Bimo.
8. publikasi ke masyarakat umum melalui blog ini (shigitendonesiaku.blogspot.com), diharapkan TPA Al Ma'muri menjadi semakin dikenal, dan bisa menjadi jembatan / media informasi bagi alumni TPA Al Ma'muri yang berdomisili di luar DIY. sehingga sumbangsih pemikiran untuk TPA Al Ma'muri bisa disampaikan melalui blog ini dengan mudah.

akhirnya, saya atas nama pengelola mohon doa restu untuk kemajuan TPA Al Ma'muri..
jaya TPA Al Ma'muri!!!
jaya Generasi Qurani!!
JAya generasi Indonesia!!!

terimakasih

wassalamu'alaikum wr.wb.
_sigit raharjo (april 28th 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar